Sabtu, 26 September 2015

Orang dibalik layar : Hayao Miyazaki

           
           Hayao Miyazaki adalah seorang sutradara film, animator dan juga seniman manga. Ia lahir pada 15 Januari 1941 di Bunkyo, Jepang. Ia mengawali karirnya dengan bergabung ke Toei Animation di tahun 1963. Disana ia menyutadarai film pertamanya, Lupin III: The Castle of Cagliostro, di rilis si tahun 1979. Setelah itu Hayao Miyazaki memperoleh kesuksesan di film Nausicaa of the Valley of the Wind (1984), ia pun mendirikan Studio Ghibli, dimana dia trus memproduksi berbagai film.
            Film-film Hayao Miyazaki sudah lama terkenal dan dinikmati secara komersial di Jepang, tetepi ia masih tidak terlalu terkenal hingga film yang ia garap bersama Miramax Films, Princess Mononoke (1997). Film berikutnya dari Hayao Miyazaki, Spirited Away (2001), mendapat penjualan tertinggi di Japanese box office, dan memenangkan Picture of the Year di Japanese Academy Awards. Dan juga film animasi pertama yang memenangkan American Academy Award.
             Banyak lagi prestasi prestasi yang beliau cetak di film film terbarunya. Dia adalah orang Jepang kedua yang menerima Honorary Academy Award, setelah Akira Kurosawa di tahun 1990. Dan di tahun 2002, kritikus fil Amerika Roger Ebert berpendapat bahwa Miyazaki mungkin pembuat film animasi terbaik yang pernah ada, dinilai dari dalamnya makna dan seni film filmnya.
#cuplikan karir Hayao Miyazaki

#Hayao Miyazaki memiliki kecintaan akan pesawat karena ayahnya yang dulu bekerja sebagai direktur di perusahaan pesawat

       

#Keseharian di Studio Ghibli, saat pembuatan film Spirited Away

             Itulah sekilas cuplikan tentang Hayao Miyazaki, sang sutradara dibalik film film Studio Ghibli. Selamat menikmati..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar